HELLO, Visitor

Etika Profesi Programer

Go down

Etika Profesi Programer

Post by Admin on Fri Oct 14, 2011 4:22 pm

Pengantar

Kita semua ingin menjadi programmer yang baik. Untuk menjadi seorang programmer yang baik Anda harus tahu apa yang membuat seorang programmer yang baik. Berikut ini adalah daftar hal-hal yang dalam pengalaman saya membuat programmer yang baik.

Tahu bagaimana untuk memecahkan masalah

Sebagai seorang programmer Anda akan menemukan bahwa semua yang Anda lakukan adalah tentang pemecahan masalah. Memecahkan masalah tidak hanya berarti memperbaiki bug karena ketika Anda menulis sepotong baru kode Anda harus memecahkan masalah kode apa yang harus dilakukan dan bagaimana hal itu harus dilakukan. Seluruh rancangan proyek perangkat lunak adalah latihan pemecahan masalah. Mengetahui bagaimana memecahkan masalah dengan baik dan cepat akan membuat perbedaan besar untuk kemampuan pemrograman Anda.

Dapat berpikir untuk dirinya sendiri

Saya perhatikan ketika saya berada di universitas bahwa orang-orang yang mendapatkan hasil terendah dan memiliki waktu yang paling sulit belajar program adalah orang-orang yang selalu meminta bantuan. Mereka tidak repot-repot mencoba untuk memecahkan masalah dengan berpikir untuk dirinya sendiri. Tentu saja meminta bantuan bukanlah hal yang buruk tetapi hanya harus dilakukan ketika Anda benar-benar terjebak pada masalah dan tidak untuk setiap hal kecil yang sederhana. Menjadi kreatif adalah juga bagian dari berpikir untuk diri sendiri. Menjadi kreatif berarti mampu memikirkan cara yang berbeda jauh memecahkan masalah.

Bersedia menerima kritik

Hal ini tidak biasa untuk menemukan seseorang yang berpikir bahwa mereka adalah programmer terbesar di dunia. Jika orang lain berpikir bahwa ada masalah dengan kode mereka, mereka segera akan menjadi sangat defensif dan menolak untuk mendengarkan apa yang mungkin nasihat yang baik. Jika Anda menolak untuk mendengarkan saran dari programmer lain Anda selalu akan menulis kode yang sama tanpa menemukan cara-cara baru dan lebih baik melakukannya. Orang-orang memberikan Anda kritik tidak akan selalu benar tetapi perlu mendengarkan mereka. Jika Anda yakin pada kemampuan Anda sebagai seorang programmer maka Anda akan terbuka terhadap kritik karena Anda akan dapat menjelaskan kepada orang yang mengkritik kode Anda mengapa apa yang mereka katakan adalah kemungkinan tidak benar.

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan bekerja dengan baik dalam tim

Sebagian besar proyek hari ini melibatkan tim programmer. Hanya proyek yang sangat kecil dan proyek-proyek pribadi yang tidak memerlukan banyak komunikasi dengan orang lain. Ini berarti bahwa Anda harus mampu mendengarkan apa yang anggota lain dari tim Anda katakan dan mencoba untuk memahami mereka. Anda juga harus pandai menjelaskan keputusan yang Anda buat ketika pemrograman. Ada potensi kekacauan besar ketika keputusan dibuat dan tidak dikomunikasikan kepada anggota tim lainnya. Anda bisa mendapatkan oleh tanpa berkomunikasi banyak tetapi tidak dalam kepentingan terbaik Anda.

Terus berkembang sendiri

Kita semua tahu bahwa perubahan industri TI lebih daripada kebanyakan industri lain. Apa yang Anda pelajari hari ini dapat menjadi usang sangat cepat. Jika Anda ingin terus pemrograman Anda akan perlu mengembangkan abilites Anda. Ini berarti belajar bahasa pemrograman terbaru dan belajar teknik pemrograman baru. Anda juga harus mengembangkan pengetahuan Anda dalam bidang yang Anda sudah sangat akrab dengan. Apakah hal-hal seperti belajar lebih banyak tentang bahasa pemrograman yang Anda sedang bekerja dengan. Cobalah memiliki melihat kode yang ditulis programmer lain untuk mendapatkan ide-ide baru. Anda juga akan perlu untuk tetap up to date dengan berita komputer terbaru dan memperoleh pengetahuan lebih di daerah lain komputasi.

Suka pemrograman dan komputer

Ada orang yang menjadi programer tanpa benar-benar menjadi tertarik dalam pemrograman. Beberapa orang mendengar bahwa pemrograman membayar dengan baik sehingga mereka memutuskan untuk melakukannya meskipun mereka tidak suka komputer. Orang lain dipaksa untuk program oleh perusahaan tempat mereka bekerja karena kekurangan staf. Orang-orang ini sering membuat programmer mengerikan. Kebanyakan orang lebih baik pada hal yang mereka tertarik Jika komputer melemahkan Anda maka jangan menjadi seorang programmer. Jika Anda tidak suka duduk di depan komputer sepanjang hari maka jangan menjadi seorang programmer. Para programer terbaik mampu bekerja selama berjam-jam lurus dan masih menikmatinya.
avatar
Admin
Admin
Admin

Leo

Jumlah posting : 69
Points : 2623
Reputation : 2
Join date : 10.10.11
Age : 32
Lokasi : Kolaka,sultra Indonesia

http://cyber.do-talk.com

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik